Ternyata, Bersin dan Menguap yang Benar itu Begini Bun

Salah satu adab islami yang sepertinya sudah banyak kita tinggalkan adalah adab ketika bersin dan menguap. Banyak dari kita yang tidak mengetahui adab ini. Ketika bersin, banyak yang tidak mengucapkan “Alhamdullillah”.

Adab ini dapat kita perkenalkan kepada si kecil misal saat ia sedang bersin,  bunda mengucapkan “Alhamdulillah”. Lalu memberi tahunya bahwa jika bersin, sebaiknya mengucapkan Alhamdulillah.

Adab-adab tersebut memang terkesan sepele, tetapi jika kita mengajarkan sejak dini kepada si kecil dengan niat ibadah dan dengan niat meneladani Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam maka hal itu akan menjadi kebiasaan yang baik dan amal tersebut akan bernilai ibadah di sisi Allah Ta’ala.

Bila kita ingin menguap, maka hendaklah menahannya sebisa mungkin atau dengan menutup jalan terbukanya mulut dengan menggunakan tangan kiri. Ada pula yang ketika menguap, maka ucapkanlah ta’awudz.
Sesungguhnya Allah membenci menguap. Ketahuilah Bunda, Allah membenci menguap karena menguap adalah aktivitas yang membuat seseorang banyak makan, yang pada akhirnya membawa pada kemalasan dalam beribadah. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,
“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci terhadap menguap. Maka apabila ia bersin, hendaklah ia memuji Allah (dengan mengucapkan ‘Alhamdullillah’). Merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya. Adapun menguap, maka ia berasal dari setan. Hendaklah setiap muslim berusaha untuk menahannya sebisa mungkin, dan apabila mengeluarkan suara ‘ha’, maka saat itu setan menertawakannya.” (HR Bukhari)

Sesungguhnya Allah Mencintai Orang yang Bersin. Bersin merupakan sesuatu yang disukai Allah karena bersin dapat menyehatkan badan dan menghilangkan keinginan untuk selalu mengenyangkan perut, serta dapat membuat semangat untuk beribadah.

Hendaknya jika ingin bersin, kita melakukan beberapa hal berikut:
– Merendahkan suara
– Menutup mulut
– Mengeraskan bacaan hamdalah

Bacaan yang Dapat Kita Amalkan Ketika Bersin

•  Alhamdulillah (segala puji hanya bagi Allah).
•  Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin (segala puji bagi Allah Rabb semesta alam).

Ketika ada seorang muslim bersin di dekat kita, lalu dia mengucapkan “alhamdullillah,” maka kita wajib mendoakannya dengan membaca “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu).
Setelah orang lain mendoakannya, orang yang bersin tadi dianjurkan untuk mengucapkan salah satu doa sebagai berikut:
– Yahdikumullah wa yushlih baalakum (mudah-mudahan Allah memberikan hidayah kepada kalian dan memperbaiki keadaan kalian).

Bunda mari kita membiasakan diri untuk mengamalkan sunnah-sunnah dan melakukannya di tengah-tengah keluarga, teman-teman, dan masyarakat di sekitar kita.

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *